Selangkah menuju final, program BOYS PLANET masih diselimuti kontroversi ketidakadilan

[TV Review] Klarifikasi tim produksi <BOYS PLANET> Mnet vs 'Komite Kejujuran Produce' yang melakukan konfrontasi lagi
Scene BOYS PLANET yang ditayangkan tanggal 13 lalu

<Boys Planet> sebuah program survival boy group produkai Mnet, mengumumkan 18 finalis untuk siaran langsung. Dalam program <Boys Planet>, yang ditayangkan pada tanggal 13 lalu, daftar TOP18 trainee yang dapat mengikuti misi terakhir untuk pemilihan grup debut diumumkan. Pada upacara pengumuman trainee yang berhasil selamat hari itu, seperti yang diprediksi, trainee Sung Hanbin memenangkan posisi pertama dengan skor sekitar (640.000 suara domestik/sekitar 1,74 juta suara global), sedangkan trainee Zhang Hao berada di posisi ke-2 (320.000 suara domestik/1,83 juta suara global).

Sung Hanbin adalah peserta yang tidak pernah kehilangan posisi pertama sejak episode pertama <Boys Planet>. Terkecuali jika ada perubahan khusus, kemungkinannya untuk terpilih dalam grup final yang terdiri dari 9 orang sangat tinggi. Zhang Hao yang menempati posisi ke-2 juga berhasil masuk TOP9 setiap episode dan terus meningkatkan skornya, sehingga kedua peserta trainee ini diprediksi akan bersaing memperebutkan posisi ke-1 dan ke-2 di final nanti.

Selain itu, trainee yang masuk kandidat TOP9 untuk grup debut adalah Kim Jiwoong (3), Kim Taerae (4), Han Yujin (5), Keita (6), Kim Gyuvin ( 7), Ricky (8), dan Seok Matthew (9). Sedangkan, kandidat yang memasuki TOP18 adalah trainee Lee Hoitaek (10), Park Hanbin (11), Park Gunwook (12), Jay (13), Yoo Seungeon (14). Yoon Jongwoo (15), Kum Junhyeon (16), Lee Jeonghyeon (17), dan Na Kamden (18). 12 trainee Korea dari Grup K dan 6 trainee asing dari Grup G akan bersaing pada tanggal 20 memperebutkan impian terakhir mereka untuk debut.

Kontroversi Terkait Keadilan yang Lagi-Lagi Kali Ini Membuat Keributan
Scene BOYS PLANET yang ditayangkan tanggal 13 lalu

Jika dibandingkan dengan survival show  produksi Mnet yang ada (sebelumnya), <Boys Planet> (lagi-lagi) belum bisa menghindari kontroversi terkait keadilan. Meskipun masih ada kecurigaan karena banyaknya screentime yang diperoleh beberapa peserta, kali ini muncul kecurigaan pemirsa terkait manipulasi peringkat evaluasi fancam individu. Evaluasi fancam individu dari signal song 'Here I Am' diperingkatkan dengan menambahkan views Youtube dan 'likes X 100'.

Akan tetapi, kontroversi muncul ketika peringkat salah satu peserta di Grup G melonjak hingga ke kategori aman debut, sementara jumlah likesnya tiba-tiba disembunyikan. Mengenai hal ini, pada tanggal 10 lalu, Mnet mengatakan, "Peringkat tersebut adalah hasil dari daftar peringkat dengan mengubah nilai yang dihitung menurut metode evaluasi fancam individu (views + likes X 100) menjadi poin seperti yang diberitahukan sebelumnya dari statistik YouTube resmi <Boys Planet>." Sambil mengungkapkan statement mereka, Mnet membantah tuduhan adanya manipulasi, dengan mengatakan, "Total semua data <Boys Planet>, termasuk data tersebut, sedang diverifikasi melalui organisasi eksternal, Samil PwC."

Kemudian, pada tanggal 11, 'Komite Kejujuran Produce', pihak yang pertama kali menginformasikan kepada publik tentang kecurigaan manipulasi program audisi Mnet, mengeluarkan pernyataan bantahan serta mendesak pihak stasiun penyiaran untuk memberikan klarifikasi yang jelas. Mereka mengajukan pertanyaan tentang fakta bahwa jumlah 'likes' tidak pernah diungkapkan dalam 'evaluasi fancam individu 'Signal Song', dan menyatakan posisi mereka, "Karena Mnet tidak memiliki penjelasan yang logis, kami tidak ada pilihan selain curiga"

Bersamaan dengan ini,  ketidaktransparanan proses voting 'shining boys terpilih' juga ikut dibahas. Bahkan di musim sebelumnya <Girls Planet 999> dan <Produce 101>, pihak komite bersikeras bahwa, "Karena (sebelumnya) informasi tentang anggota visual yang para trainee pilih selalu diungkapkan, kontroversi mengenai proses pemilihan peserta trainee visual semakin meningkat."

Rasa ketidakpercayaan terhadap stasiun penyiaran yang terus berlanjut... (merupakan) karma yang merugikan diri sendiri
Bagaimanapun, boy grup K-pop global baru akan lahir minggu depan, dan jika tidak ada hambatan khusus, mereka akan tur dunia selama 2-3 tahun. Mempertimbangkan keringat dan air mata anak laki-laki dari seluruh dunia dan semangat mereka, meskipun mereka juga layak untuk menerima ucapan selamat, diperkirakan bahwa <Boys Planet> (tetap) akan memulai debut (grup) tanpa bisa menghilangkan label 'ketidakpercayaan' sama seperti <Produce 101> dan audisi produksi Mnet sebelumnya.

Mengenai hal ini, beberapa orang mengkritik Mnet dengan mengatakan bahwa itu adalah karma yang mereka lakukan sendiri. Kritik dicurahkan karena publik tidak paham mengapa staf produksi yang berpartisipasi dalam manipulasi seri <Produce> kembali ke perusahaan setelah menjalani hukuman penjara. Sejak perusahaan mengumumkan permintaan maaf pada tanggal 5 lalu, tidak ada gerakan spesifik yang terdeteksi terkait masalah orang tersebut.

Oleh karena itu, orang-orang mau tidak mau memandang dingin program <Boys Planet> kali ini. Dari secara terang-terangan mengedepankan metode seri <Produce 101> yang sudah ada sebelumnya, alih-alih belajar dari masa lalu, sikap yang mereka ambil seolah mengatakan, "Aku hanya mengikuti jalanku sendiri". Di tengah hilangnya popularitas level sindrom (yang dimiliki acara survival show) terdahulu, <Boys Planet> yang gagal mengakhiri ketidakpercayaan publik pada acara survival show berikutnya kemungkinan besar akan bertahan di pestanya sendiri lagi kali ini.

Posting Komentar

0 Komentar